Bajillionaires Club Management Fungsi dan Pengertian Ekonomi Mikro, Sudah Tahu?

Fungsi dan Pengertian Ekonomi Mikro, Sudah Tahu?

Ekonomi mikro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen serta perusahaan.

Ilmu ini juga telah banyak diberikan di mata kuliah pada berbagai universitas. Ekonomi mikro juga bisa membantu menentukan harga pasar beserta kuantitas dari barang dan jasa.

Ekonomi mikro mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran serta permintaan barang atau jasa.

Walau sangat penting, namun belum banyak orang yang mengetahui tentang ilmu ini. nah, untuk kalian yang ingin tahu, di bawah ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk kalian.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan ilmu yang membahas mengenai peran individu pelaku ekonomi. Bagaimana rumah tangga serta perusahaan membuat sebuah keputusan.

Lalum bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu. Namun, beberapa ahli juga memiliki pendapat lain.

Seperti Adam Smith yang berpendapat bahwa Ekonomi mikro merupakan sebuah subyek ekonomi yang sifatnya ekonomis rasional sehingga mengakibatkan pelak ekonomi mempertimbangkan hal rasional dalam mengambil keputusan.

David Ricardo berpendapat bahwa Ekonomi Mikro adalah kondisi pasar di mana para pelaku ekonomi memiliki informasi mengenai seluk beluk sebuah pasar.

Sedangkan Marshal dan Piqou berpendapat bahwa Ekonomi Mikro merupakan sebuah tingakt mobilitas tinggi di dalam pasar sehingga para pelaku ekonomi bisa beradaptasi di dalam perubahan pasar dengan cepat.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup dari ekonom merupakan konsumen dan produsen di mana di dalam dunia ekonomi, produsen serta konsumen adalah individu di setiap rumah tangga, organisasi, perusahaan, hingga masyarakat.

Interaksi di pasar barang, perilaku penjual dan pembeli, serta interaksi di pasar factor produksi merupakan ruang lingkup dari ekonomi mikro.

Interaksi di pasar barang menjadikan pasar sebagai pertemuan permintaan dan penawaran serta menjadi tempat penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi.

Perilaku penjual dan pembeli memiliki sifat yang rasional di mana penjual ingin memiliki keuntungan maksimal sedangkan pembeli ingin kepuasan yang maksimal.

Sedangkan interaksi di pasar factor produksi dinilai dari sisi pembeli yang memiliki factor produksi serta membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Penjual memiliki barang kebutuhan masyarakat dan butuh produksi dengan cara membelinya. Dari hubungan ini kita bisa melihat hubungan antara produsen dan konsumen yang memiliki hubungan timbal balik.

Teori Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro memiliki beberapa analisis yaitu teori harga, produksi, dan distribusi dimana teori harga berarti harga menjadi dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran serta permintaan barang atau jasa di pasar.

Analisis ini dilakukan untuk proses pembentukan harga, factor yang bisa mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, bentuk pasar, elastisitas, serta hubungan harga antara penawaran dan permintaan.

Sedangkan teori produksi digunakan untuk dasar melakukan sebuah analisa biaya produksi serta tingkat produksi yang dilakukan untuk meningkatkan produksi yang paling menguntungkan produsen.

Selain itu juga untuk mengkombinasikan factor yang harus dipilih produsen agar mendapat keuntungan maksimal, dan berhubungan dengan biaya produksi dan jasa.

Lalu teori distribus bertujuan untuk melakukan analisa ekonomi mikro yang terkait dengan upah tenaga kerja, besar bunga yang harus dibayar kepada pemegang saham, dan keuntungan yang akan didapatkan oleh produsen.

Itulah informasi lengkap mengenai Ekonomi Mikro yang harus kalian tahu terutama bagi kalian yang sudah memiliki bisnis atau berencana membangun sebuah bisnis. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.  

Related Post

MENILIK CARA – CARA UNTUK MEMBANGUN SISTEM MANAJEMEN SDM YANG MEMILIKI BASIS KOMPETENSIMENILIK CARA – CARA UNTUK MEMBANGUN SISTEM MANAJEMEN SDM YANG MEMILIKI BASIS KOMPETENSI

Mempunyai perusahaan yang bisa sukses dan juga maju pastinya menjadi cita – cita dan impian para pemiliki perusahaan atau pendiri perusahaan. Tetapi untuk mencapai semua itu ada banyak rintangan dan juga persiapan yang harus dipersiapkan dengan matang. Meraih hal tersebut tidaklah mudah semudah mulut mengucapkannya, tetapi tidak ada yang tidak untuk meraih dan mendapatkan mimpi tersebut. Tentunya kerja keras dan juga disiplin yang harus diterapkan dalam melaksanakannya, tidak hanya itu orang – orang yang berkerja di dalamnya pun tentulah harus kompeten. Agar bisa memberikan kemajuan juga kepada  perusahaan tersebut, karena para karyawa juga menjadi investasi yang sangat penting untuk kemajuan dari perusahaan.

Perusahaan tidak akan berkembang dan berjalan bila tidak adanya karyawan yang berkerja di slot gacor terbaru dalamnya. Maka dari itu dalam mencari karyawan atau SDM yang akan berkerja di perusahaan kamu  haruslah kompeten, karena mereka akan mempunyai dampak yang besar untuk perusahaan. Selain yang kompeten tentunya yang memenuhi persyaratan dan kriteria yang perusahaan kamu butuhkan, agar bisa senada dengan visi yang akan kamu jalankan. Apalagi perusahaan baru dirintis, dimana membutuhkan orang – orang yang dapat berkompetensi dengan baik. Karena orang yang dapat berkompetensi itu dapat memadukan keterampilan juga pengetahuan yang dimilikinya. Bagaimana caranya untuk mendapatkan manajemen sdm yang berbasis kompentensi? Simak ulasan berikut ini.

1.Pengidentifikasian Posisi

Untuk bisa mendapatkan manajemen dengan berbasis kompetensi seperti itu, tentunya kamu harus dapat mengenali keahlian apa sebetulnya yang dia miliki. Apakah dapat menunjang sebagai manajemen sdm yang berkompetensi, bisa menjalankan tugas – tugasnya serta bertanggung jawab dengan segala tugas yang dimilikinya. Sehingga pengidentifikasian menjadi hal penting atau faktor utama yang harus kamu perhatikan.

Karena bila ini sudah mendapatkan perhatian yang baik, juga ketika sedang diidentifikasi bisa sesuai dengan apa yang manajemen SDM kompetensi yang dicari baru bisa  melangkah ke cara yang selanjutnya. Karena struktur organisasi itu mempunyai dampak pada efesiensi juga efektivitas untuk menciptakan karya atau produk dari perusahaan kamu, sehinggananti hasilnya akan berpengaruh pada nilai perusahaan.

2.Analisa Kegiatan dan Pekerjaan

Menganalisa pekerjaan itu bisa menjadi faktor yang penting apakah orang tersebut patut untuk dipertimbangkan. Dengan mengumpulkan sejumlah data dengan sistematis serta data atau informmasi yang sudah terkumpul tersebut dapat dipertimbangkan atau tidak dengan pekerjaan yang memang memiliki sangkut pautnya. Setelah itu ketika sudah mendapatkan hasil dari menganalisa pekerjaan, itu dapat menjadi masukan untuk kegiatan dari SDM.

Tujuan sebenarnya dari analisa pekerjaan itu untuk memberikan ruang pada pemahaman yang lebih berfokus pada isi juga persyaratan atau kriteria pekerjaan untuk manajemen itu sendiri. Jadi menganalisa pekerjaan ini tentunya membutuhkan fokus dan juga data yang lengkap agar dapat diolah sehingga dapat menghasilkan informasi yang jelas juga tepat.

3.Pengenalan & Penelusuran Secara Detail

Karena manajemen SDM ini memiliki basis kompetensi dimana membutuhkan keterampilan dan juga pengetahuan yang disatukan dan dijalankan secara bersamaan. Maka membutuhkan pengenalan agar dapat mengetahui secara rinci apa yang sebetulnya akan diraih dan akan dijalani. Pengenalan menjadi langkah pertama untuk dapat melangkah ke langkah – langkah selanjut yang lebih dalam.

Selain itu penelusuran pun harus dapat dilakukan tentunya dengan cara yang detail. Untuk mendapatkan data – data yang dapat menghasilkan infomarsi secara sistematis.

Itulah beberapa cara untuk membangun manajemen SDM berbasis kompetensi.

MENGENAL APA ITU SEBENARNYA MANAJEMEN PENGADAAN YANG JARANG DIKETAHUIMENGENAL APA ITU SEBENARNYA MANAJEMEN PENGADAAN YANG JARANG DIKETAHUI

Manajemen itu memang terbagi – bagi dan yang biasanya sering kamu dengar itu adalah manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, juga operasional. Tetapi untuk manajemen yang satu ini apakah kamu pernah mendengarnya? Manajemen pengadaan, mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar tentang manajemen pengadaan, tetapi tidak mengetahui secara detail tentang apa itu manajemen pengadaan. Manajemen sendiri adalah ilmu perencanaan yang melibatkan individu – invidu ke dalam perencanaan dari perusahaan atau organisasi, serta menjalankan dan mengatur aktivitas yang sedang terjadi supaya bisa meraih tujuan bersama yang sudah ditetapkan. Sebetulnya banyak definisi lain dari manajemen menurut para ahli, hanya itu merupakan garis besar yang diambil dari defisini tentang manajemen yang ada.

Lalu untuk pengertian manajemen pengadaan sendiri itu, manajemen pengadaan merupakan sebuah proses yang dapat menjamin tersediannya barang serta jasa yang berasal dari luar, dimana barang serta jasa tersebut dibutuhkan oleh proyek. Manajemen pengadaan sendiri ini memiliki peranan yang penting dalam suatu proses yang sedang berjalan, karena mereka menetapkan  persediaan apa saja yang memang dibutuhkan serta kapan harus dilakukan. Bila dilihat dari peranan yang dimiliki oleh manajemen pengadaan ini, memiliki pengaruh yang besar terhadap sebuah proses aktivitas yang sedang dijalani. Tetapi memang manajemen pengadaan ini belum mendapatkan perhatian yang besar.

Tujuan dari manajemen pengadaan sendiri itu untuk dapat memastikan setiap proses pengadaan itu dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya, jadi barang atau pun jasa yang memang diperlukan dapat datang diwaktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, serta harga dan juga kualitas yang tepat. Meskipun dengan fungsi serta tujuan dari manajemen pengadaan yang berperan penting ini, memang kurang diperhatikan khususnya pada organisasi pemerintah. Hal tersebut memang terbeukti dengan fungsi – fungsi dari pengadaan sendiri yang memang sampai sekarang ini dilakukan secara ad – hoc  oleh panitia. Panitia yang dibentuk dan bekerja ini tidak dilakukan secara permanen serta paruh waktu.

Untuk tugas dari pengadaan sendiri itu menyediakan barang atau jasa yang memang dibutuhkan, seperti jasa transportasi serta pergudangan, jasa konsultasi dan yang lainnya. Selain itu juga terdapat aplikasi yang dapat mendukung pengadaan, salah satunya adalah aplikasi Electronic Procurement. Aplikasi tersebut dapat membantu proses pengadaan yang berguna untuk penyediaan barang serta jasa yang dapat diakses berbagai data. Selain aplikasi E – Procurement masih terdapat aplikasi pendukung lainnya, yaitu :

1.E – catalogue

Katalog yang biasanya kita lihat dari buku atau pun brosur, sekarang sudah hadir dalam bentuk yang lebih canggih yaitu aplikasi. Tentunya ini sangat mempermudah dalam mencari informasi supplier dalam produk atau jasa yang bisa dipasok. Dengan adanya internet membuat hal yang asalnya rumit dan menjadi lebih praktis, dilengkapi juga dengan fitur – fitur canggih seperti fitur pencarian (search). Ketika sedang mencari barang tidak harus pusing mencari satu – satu, tinggal ketik saja dipencarian dan bisa langsung mendapatkan barang yang dicari.

2.E – auction

Untuk aplikasi yang satu ini bertujuan untuk mempermudah dalam melakukan lelang. Ketika proses pelelangan sedang terjadi, para pembeli akan mengumpulkan para calon supplier, tetapi sebelum mereka itu berkumpul sudah diberitahukan terlebih dahulu sebelumnya tentang spesifikasi, jumlah, serta waktu kebutuhan dari barang serta jasa tersebut.

3.Business to business market exchange

Mayorittas aplikasi yang satu ini memang dijalankan oleh pihak ketiga. Aplikasi ini dapat mempertemukan pembeli serta penjual dalam jumlah yang banyak, dimana mereka akan bertemu secara online atau virtual.

Itulah sekilas tentang manajemen pengadaan dan beberapa informasi tentang manajemen pengadaan.

PERAN YANG DIMILIKI OLEH SALES MANAGER AGAR DAPAT MENINGKATKAN PEMASARAN DI PERUSAHAANPERAN YANG DIMILIKI OLEH SALES MANAGER AGAR DAPAT MENINGKATKAN PEMASARAN DI PERUSAHAAN

Agar perusahaan tersebut dapat berkembang tentunya membutuhkan hal – hal yang mendukung, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran menjadi faktor yang penting dalam memperkenalkan barang sampai dengan jasa yang dijual oleh perusahaan kita, apalagi untuk perusahaan yang baru saja dirintis itu sangat diperlukan pemasaran. Agar perusahaan dapat dikenal dan diketahui oleh public, pemasaran itu banyak caranya. Tentunya harus yang unik dan juga menarik agar orang merasa tertarik dan juga penasaran dengan apa yang sedang kita promosikan. Sehingga sales manajer dalam perusahaan memiliki peran yang penting, agar pemasaran pada perusahaann tersebut dapat meningkat dengan baik.

Mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memberikan petunjuk kepada para tim salesnya, untuk dapat bekerja dan memberikan hasil yang baik dan membanggakan untuk perusahaan tersebut. Tidak bertanggung jawab dalam memberikan petunjuk kepada para tim salesnya saja, tetapi juga mempunyai tanggung jawab untuk target yang harus dicapai oleh sales manajer tersebut. Target tersebuh sudah ditentukan terlebih dahulu oleh perusahaa, tentunya target ini diberikan agar dapat meningkat pemasaran dari perusahaan. Bila terjadi kegagalan atau keberhasilan dalam target yang sudah diberikan tersebut, maka sudah termasuk ke dalam tanggung jawab dari sales manager ini. Apa saja sebetulnya tugas dari sales manager agar dapat meningkatkan pemasaran di perusahaan.

1.Mengawasi Tim Penjualan

SALES MANAGER

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, maka proses yang dijalani tentunya harus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga sales manager harus dapat mengawasi serta mengontrol pekerjaan dan proses yang sedang dilakukan oleh anak asuhnya. Bila terus mendapatkan pengawasan, maka ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan atau kegagalan dalam proses tersebut. Ketika sedang menjalani proses tersebut maka bila terjadi kesahalan atau ada hal yang keluar dari jalurnya dapat diberitahukan dengan segera.

Kemungkinan lebih besar untuk meraih keberhasilan dalam pemasaran, serta target yang diberikan oleh perusahaan dapat dicapai dengan kerjasama yang baik antara sales manajer dengan anak asuhnya.

Seperti bidang marketing game online seperti Slot Gacor Gampang Menang yang rajin mengadakan iklan, waktu dan jenis platform tersesuai tentunya bisa berjalan dengan baik karena adanya pengamatan tenaga kerja yang baik.

2.Menangani Keluhan Konsumen

SALES MANAGER

Memang tidak semua konsumen dapat merasakan kepuasan ketika sudah menerima produk atau jasa tersebut. Akan ada saja konsumen yang merasa tidak puas dan mengeluh dengan apa yang sudah dia terima. Tentunya ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, keluhan dari para konsumen jangan hanya dianggap sebagai angina berlalu saja. Tetapi juga harus ditangani dengan baik dan benar, karena bila keluhan tersebut datang berarti apa yang diberikan kepada konsumen tidak maksimal.

Sehingga keluhan tersebut dapat diberikan kepada kita, jangan cepat merasa puas dengan apa yang sudah diraih. Karena kita pun harus tetap mendengar dan menampung keluhan – keluhan yang diberikan oleh konsumen. Jadi sebagai sales manajer sudah seharusnya dapat mengatasi keluhan yang diberikan oleh konsumen kepada perusahaan.

3. Menyusun Anggaran

SALES MANAGER

bukan hanya bagian finance saja yang menguru tentang anggaran, tetapi sales manajer pun harus dapat menyusun anggaran. Dengan memperkiarakan budget yang memang difokuskan untuk digunakan. Karena anggaran ini juga harus berpatokan pada kebutuhan yang memang sangat utama dibutuhkan untuk tim sales dari perusahaan kamu sendiri.

Anggaran ini dibuat agar semuanya dapat tersusun dengan rapi, pengeluaran apa saja sebetulnya yang butuhkan oleh tim sales perusahaan. Sehingga semuanya dapat jelas dan juga terperinci dengan baik.

Itulah beberapa tugas yang dimiliki oleh sales manajer untuk dapat meningkatkan pemasaran perusahaan link alternatif sbobet.