Fungsi dan Pengertian Ekonomi Mikro, Sudah Tahu?

Ekonomi mikro merupakan salah satu ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen serta perusahaan.

Ilmu ini juga telah banyak diberikan di mata kuliah pada berbagai universitas. Ekonomi mikro juga bisa membantu menentukan harga pasar beserta kuantitas dari barang dan jasa.

Ekonomi mikro mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran serta permintaan barang atau jasa.

Walau sangat penting, namun belum banyak orang yang mengetahui tentang ilmu ini. nah, untuk kalian yang ingin tahu, di bawah ini kami akan memberikan informasi lengkapnya untuk kalian.

Pengertian Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro merupakan ilmu yang membahas mengenai peran individu pelaku ekonomi. Bagaimana rumah tangga serta perusahaan membuat sebuah keputusan.

Lalum bagaimana mereka berinteraksi di dalam pasar tertentu. Namun, beberapa ahli juga memiliki pendapat lain.

Seperti Adam Smith yang berpendapat bahwa Ekonomi mikro merupakan sebuah subyek ekonomi yang sifatnya ekonomis rasional sehingga mengakibatkan pelak ekonomi mempertimbangkan hal rasional dalam mengambil keputusan.

David Ricardo berpendapat bahwa Ekonomi Mikro adalah kondisi pasar di mana para pelaku ekonomi memiliki informasi mengenai seluk beluk sebuah pasar.

Sedangkan Marshal dan Piqou berpendapat bahwa Ekonomi Mikro merupakan sebuah tingakt mobilitas tinggi di dalam pasar sehingga para pelaku ekonomi bisa beradaptasi di dalam perubahan pasar dengan cepat.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Ruang lingkup dari ekonom merupakan konsumen dan produsen di mana di dalam dunia ekonomi, produsen serta konsumen adalah individu di setiap rumah tangga, organisasi, perusahaan, hingga masyarakat.

Interaksi di pasar barang, perilaku penjual dan pembeli, serta interaksi di pasar factor produksi merupakan ruang lingkup dari ekonomi mikro.

Interaksi di pasar barang menjadikan pasar sebagai pertemuan permintaan dan penawaran serta menjadi tempat penjual dan pembeli bertemu untuk bertransaksi.

Perilaku penjual dan pembeli memiliki sifat yang rasional di mana penjual ingin memiliki keuntungan maksimal sedangkan pembeli ingin kepuasan yang maksimal.

Sedangkan interaksi di pasar factor produksi dinilai dari sisi pembeli yang memiliki factor produksi serta membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Penjual memiliki barang kebutuhan masyarakat dan butuh produksi dengan cara membelinya. Dari hubungan ini kita bisa melihat hubungan antara produsen dan konsumen yang memiliki hubungan timbal balik.

Teori Ekonomi Mikro

Ekonomi mikro memiliki beberapa analisis yaitu teori harga, produksi, dan distribusi dimana teori harga berarti harga menjadi dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran serta permintaan barang atau jasa di pasar.

Analisis ini dilakukan untuk proses pembentukan harga, factor yang bisa mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran, bentuk pasar, elastisitas, serta hubungan harga antara penawaran dan permintaan.

Sedangkan teori produksi digunakan untuk dasar melakukan sebuah analisa biaya produksi serta tingkat produksi yang dilakukan untuk meningkatkan produksi yang paling menguntungkan produsen.

Selain itu juga untuk mengkombinasikan factor yang harus dipilih produsen agar mendapat keuntungan maksimal, dan berhubungan dengan biaya produksi dan jasa.

Lalu teori distribus bertujuan untuk melakukan analisa ekonomi mikro yang terkait dengan upah tenaga kerja, besar bunga yang harus dibayar kepada pemegang saham, dan keuntungan yang akan didapatkan oleh produsen.

Itulah informasi lengkap mengenai Ekonomi Mikro yang harus kalian tahu terutama bagi kalian yang sudah memiliki bisnis atau berencana membangun sebuah bisnis. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.  

Related Post

Kenali Ekonomi MakroKenali Ekonomi Makro

Mungkin sudah sering kali kita dengar Mikro dan Makro ekonomi tanpa mengerti sebenarnya apa sih pengertian kedua hal ini. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai Makro. Apa sih perbedaan