PENGERTIAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DAN TUJUAN DARI PEMANFAATANNYA DALAM BISNIS

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT

Bila orang sudah mendirikan atau membangun sebuah bisnis itu tujuannya hanya satu, yaitu mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya. Tapi bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena yang kita ketahui untuk bisa mendapatka keuntungan dan meraih tujuan tersebut bukanlah perkara yang mudah. Terdapat beberapa hal yang harus dilalui dan dilewati, setiap tahapan yang harus dilewati tersebut membutuhkan usaha dan juga tekad. Selain itu juga bila menjadi seorang pembisnis itu harus mau dihadapkan dengan berbagai macam resiko yang sudah menantinya, bila sudah merasa ciut duluan atau menyerah sebelum berusaha. Rasanya impian yang dimiliki hanya sekedar menjadi impian semata saja.

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk dapat meraih tujuan yang diinginkan tersebut adalah dengan berfikir cerdik tentang manajemen produk. Caranya itu dengan melakukan supply chain management, mungkin untuk sebagian orang yang sudah berkecimpung dalam dunia bisnis tidak asing mendengar istilah yang satu ini. Khususnya untuk orang yang mendirikan bisnis dalam bidang manufaktur, Supply Chain Management menjadi hal yang harus diterapkan dalam perusahaan tersebut. Untuk kamu yang baru mendengar istilah seperti itu dan masih kebingungan dengan apa yang dimaksud dengan Supply Chain Management itu.

Jadi, Supplay Chain Management atau SCM ini merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan penjadwalan, koordinasi, serta pengendalian kepada pengadaan, produksi, pengeriman produk atau  penyediaan. Maka dari itu manajemn rantai pasok ini memiliki peranan yang sangat penting untuk perusahaan, karena dengan SCM yang baik itu menandakan bahwa perusahaan tersebut mempunyai daya saing yang baik dan juga berkualitas. Memang bila sudah membicarakan tentang SCM ini bukanlah hal yang sederhana, apalagi bila SCM ini sudah diterapkan di dalam perusahaan yang besar.

Dengan segala kerumitan yang dimiliki di dalam SCM ini, dapat membuat perusahaan beroperasi dengan efektif serta efisien. Supaya penerapan dari SCM pada perusahaan bisa berjalan sebagai mestinya, maka perlu diterapkannya juga tiga komponen dalam Supply Chain Management ini. Sebetulnya fungsi SCM yang diterapkan dalam perusahaan itu apa? Jadi fungsinya itu dapat mengubah bahan baku menjadi barang atau bahan jadi yang diperlukan oleh konsumen. Sehingga bila dilihat dari fungsinya sendiri ini memang berhubungan kuat dengan biaya fisik, yaitu pembelian bahan baku, biaya transportasi, dan biaya yang diperlukan lainnya.

Lalu terdapat fungsi lain dari SCM ini yaitu untuk bisa mengelola dan juga memastikan tentang pembiayaan yang berhubungan dengan survey pasar, biaya lain yang berhubungan dengann pembiayaan fisik, dan perencanaan produk. Selain itu juga terdapat tujuan dari SCM dalam bisnis atau perusahaan, yaitu:

1.Menjaga Kerja Sama

Menjaga Kerja Sama

Di dalam sebuah bisnis atau perusahaan itu, menjalin kerja sama dan juga memperbanyak relasi adalah hal yang sangat penting untuk dialkukan. Bila tidak terjalinnya kerja sama  maka di dalam perusahaan akan terjadi sebuah kekacauan. Maka dari itu dengan menerapkan SCM, dapat mengkoodirnasi dan kerja sama yang terjalin dengan perusahaan lebih baik.

2.Menjaga Kepuasan Pelanggan

Menjaga Kepuasan Pelanggan

Konsumen atau pelanggan memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis, tanpa adanya mereka yang membeli produk yang perusahaan kamu jual maka perusahaan atau bisnis kamu tidak akan bertahan. Maka dari itu dengan menerapkan SCM dapat membantu bisnis kamu dalam menjaga kepuasaan para pelanggan.

3.Mencapai Efisiensi Biaya

Mencapai Efisiensi Biaya

Untuk mengurangi pemborosan pada sebuah bisnis atau perusahaan, maka diperlukan penerapan dari SCM. Sebab dengan menerapkan hal tersebut pengeluaran yang dikeluarkan lebih efisien, denga menghindari pembelian barang – barang yang tidak diperlukan.

Itulah pengertia dari Supply Chain Management dan tujuan penerapan dalam sebuah bisnis.

Related Post