PERAN YANG DIMILIKI OLEH SALES MANAGER AGAR DAPAT MENINGKATKAN PEMASARAN DI PERUSAHAAN

0 Comments

Agar perusahaan tersebut dapat berkembang tentunya membutuhkan hal – hal yang mendukung, salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran menjadi faktor yang penting dalam memperkenalkan barang sampai dengan jasa yang dijual oleh perusahaan kita, apalagi untuk perusahaan yang baru saja dirintis itu sangat diperlukan pemasaran. Agar perusahaan dapat dikenal dan diketahui oleh public, pemasaran itu banyak caranya. Tentunya harus yang unik dan juga menarik agar orang merasa tertarik dan juga penasaran dengan apa yang sedang kita promosikan. Sehingga sales manajer dalam perusahaan memiliki peran yang penting, agar pemasaran pada perusahaann tersebut dapat meningkat dengan baik.

Mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memberikan petunjuk kepada para tim salesnya, untuk dapat bekerja dan memberikan hasil yang baik dan membanggakan untuk perusahaan tersebut. Tidak bertanggung jawab dalam memberikan petunjuk kepada para tim salesnya saja, tetapi juga mempunyai tanggung jawab untuk target yang harus dicapai oleh sales manajer tersebut. Target tersebuh sudah ditentukan terlebih dahulu oleh perusahaa, tentunya target ini diberikan agar dapat meningkat pemasaran dari perusahaan. Bila terjadi kegagalan atau keberhasilan dalam target yang sudah diberikan tersebut, maka sudah termasuk ke dalam tanggung jawab dari sales manager ini. Apa saja sebetulnya tugas dari sales manager agar dapat meningkatkan pemasaran di perusahaan.

1.Mengawasi Tim Penjualan

SALES MANAGER

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, maka proses yang dijalani tentunya harus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Sehingga sales manager harus dapat mengawasi serta mengontrol pekerjaan dan proses yang sedang dilakukan oleh anak asuhnya. Bila terus mendapatkan pengawasan, maka ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan atau kegagalan dalam proses tersebut. Ketika sedang menjalani proses tersebut maka bila terjadi kesahalan atau ada hal yang keluar dari jalurnya dapat diberitahukan dengan segera.

Kemungkinan lebih besar untuk meraih keberhasilan dalam pemasaran, serta target yang diberikan oleh perushaan dapat dicapai dengan kerjasama yang baik antara sales manajer dengan anak asuhnya.

2.Menangani Keluhan Konsumen

SALES MANAGER

Memang tidak semua konsumen dapat merasakan kepuasan ketika sudah menerima produk atau jasa tersebut. Akan ada saja konsumen yang merasa tidak puas dan mengeluh dengan apa yang sudah dia terima. Tentunya ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, keluhan dari para konsumen jangan hanya dianggap sebagai angina berlalu saja. Tetapi juga harus ditangani dengan baik dan benar, karena bila keluhan tersebut datang berarti apa yang diberikan kepada konsumen tidak maksimal.

Sehingga keluhan tersebut dapat diberikan kepada kita, jangan cepat merasa puas dengan apa yang sudah diraih. Karena kita pun harus tetap mendengar dan menampung keluhan – keluhan yang diberikan oleh konsumen. Jadi sebagai sales manajer sudah seharusnya dapat mengatasi keluhan yang diberikan oleh konsumen kepada perusahaan.

3. Menyusun Anggaran

SALES MANAGER

bukan hanya bagian finance saja yang menguru tentang anggaran, tetapi sales manajer pun harus dapat menyusun anggaran. Dengan memperkiarakan budget yang memang difokuskan untuk digunakan. Karena anggaran ini juga harus berpatokan pada kebutuhan yang memang sangat utama dibutuhkan untuk tim sales dari perusahaan kamu sendiri.

Anggaran ini dibuat agar semuanya dapat tersusun dengan rapi, pengeluaran apa saja sebetulnya yang butuhkan oleh tim sales perusahaan. Sehingga semuanya dapat jelas dan juga terperinci dengan baik.

Itulah beberapa tugas yang dimiliki oleh sales manajer untuk dapat meningkatkan pemasaran perusahaan.