PENGERTIAN MANAJEMEN KUALITAS HINGGA PRINSIP YANG DAPAT DIAPLIKASIKAN DI DALAM PERUSAHAAN

0 Comments

Dalam mengembangkan perusahaan itu tentunya membutuhkan beberapa ilmu manajemen yang harus diterapkan di dalamnya, agar dapat menjadi perusahaan yang tumbuh dan berkembang dengan baik. Tidak hanya itu tetapi juga perusahaan bisa bertahan dalam waktu yang lama, mendapatkan keuntungan yang maksimal menjadi tujuan dari setiap perusahaan. Salah satunya adalah ilmu manajemen yang patut untuk diterapkan di dalam perusahaan adalah manajemen kualitas. Untuk kamu yang baru mendengar tentang manajemen kualitas dan masih bingung apa yang dimaksud dengan manajemen kualitas. Jadi, manajemen kualitas itu adalah sebuah tindakan memantau seluruh tugas – tugas serta kegiatan yang dibutuhkan dalam mempertahankan keunggulan yang diinginkan.

Sehingga manajemen kualitas ini memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Kualitas yang dibicaraka disini memang berhubungan dengan berbagai macam hal, bila dalam bisnis mungkin membicarakan kualitas dari produk yang akan dipasarkan atau kualitas perusahaan dalam menghasilkan produk tersebut. Produk yang ingin dipasarkan dan diberikan kepada konsumen tentunya harus dalam kondisi terbaik, maka dari itu pengawasan kualitas perlu dilakukan. memang tidak hanya kualitas produk saja yang menjadi pantauan. Tapi kualitas dari perusahaan atau badan usaha sendiri juga harus dipantau dengan tepat, karena perusahana juga terkadang menjadi sorotan beberapa pihak. Berikut beberapa prinsip dari manajemen kualitas yang dapat diaplikasikan di dalam perusahaan.

1.Fokus Terhadap Konsumen serta Pelanggan

Bila ingin mengeluarkan atau menciptakan sebuah produk, penting sekali untuk melakukan riset. Tidak harus riset dalam skala besar karena itu akan membutuhkan biaya yang besar, dapat dilakukan riset dalam skala yang kecil saja dahulu. Sebetulnya para pelanggan dan konsumen ini sedang membutuhkan dan mencari barang yang seperti apa. Karena ingin sangat berpengaruh terdapat produk yang akan kamu buat.

Karena produk yang akan diperjualbelikan ini kepada konsumen, sehingga menggali informasi langsung dari konsumen merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Tindakan seperti ini akan membuat perusahaan atau badan usaha bisa mengerti dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pelanggannya. Sehingga dalam membuat dan menghasilkan produknya itu dalam kualitas terbaik, jadi disaat menggali informasi tidak hanya barang apa saja yang sedang dibutuhkan. Tapi juga ingin yang kualitasnya itu sepert apa.

2.Kepemimpinan yang Tepat

Memang karyawan atau pegawai itu menjadi hal yang dalam perusahaan, tetapi pemimpin itu jauh lebih penting. Karena bila tidak ada yang meimpin tidak akan ada yang dapat mengarahkan dan mengelola perusahaan tersebut. Sehingga peranan yang dipegang oleh pemimpin itu sangatlah penting, tidak hanya karyawan saja yang harus dikelola tetapi juga dia harus dapat mengelola seluruh perusahaan tersebut.

Maka dari itu seorang pemimpin haruslah dapat menciptakan rasa nyaman terhadap lingkungan keranya, sehingga para karyawan yang bekerja di dalamnya dapat memberikan usahanya yang maksimal. Sebab kualitas dari produk yang dihasilkan itu mendapatkan pengaruh juga dari pola kepemimpinan yang dilakukan.

3.Keterlibatan Stakeholder

Tidak hanya faktor internal saja yang bisa mengembangkan suatu perusahaan, tetapi peranan dari eksternal juga sangatlah dibutuhkan. Karena stakeholder memiliki peranan serta tanggung jawabnya masing – masing dalam perusahaan tersebut. Jadi jangan hanya mengedepankan stakeholder dengan nilai yang paling tinggi saja, tetapi perusahaan harus dapat melibatkan seluruh stakeholder perusahaan tersebut.

Karena memang pada dasarnya stakeholder itu memiliki sifat saling melengkapi, bila tidak ada satu saja itu pasti tidak menjadi utuh atau lengkap. Maka dari itu dalam melibatkan stake holder itu harus.

Itulah pengertian dari manajemen kualitas dan beberapa prinsip yang bisa diaplikasikan di dalam perusahaan.