TIPS MENJAGA KESEHATAN UNTUK PEKERJA SHIFT MALAM? JANGAN SAMPAI KELEWATAN

0 Comments
TIPS PEKERJA SHIFT MALAM

Mencari uang itu bukanlah perkara yang mudah, apalagi untuk mereka yang terjun ke dalam profesi yang menuntut mereka untuk berkerja pada shift malam. Rasanya seperti pekerjaan yang mereka lakukan tersebut tidak mengenal waktu dan menuntut badan mereka untuk selalu fit dan sehat apapun yang terjadi, profesi tersebut seperti dokter, pramugari, pilot, perawat, jurnalis, petugas keamana, dan masih banyak yang lainnya. Dimana profesi mereka itu kebanyakan untuk melindungi dan memberikan pelayanan atau jasa kepada masyarakat, sehingga menuntut badan mereka untuk selalu sehat da tetap maksimal dalam melakukan pekerjaannya dengan baik. Tetapi shift malam ini, biasanya dikaitkan dengan masalah kesehatan seperti masalah metabolism, gangguan pencernaan, sampai dengan penyakit kanker.

Tetapi ini sudah menjadi tanggug jawab yang diemban untuk mereka yang melakoni profesi tersebut, sehingga mereka harus dapat menjaga kesehatan mereka agar tidak tertumbangkan dengan shift malam yang mereka lakukan. Dengan berbagai macam masalah kesehatan yang bisa memicu kepada mereka yang bekerja pada shift malam, tanggung jawab tetap harus mereka jalani. Tentunya gaya hidup disini sangat berpengaruh kepada kesehatan. Sehingga pola hidup serta pola makan mereka harus dapat diatur dengan baik dan benar, agar mereka tetap dapat bekerja dengan maksimal di shift malam. Berikut tips menjaga kesehatan untuk pekerja shift malam.

1.Mengatur Pola Tidur

Mengatur Pola Tidur

Istirahat yang cukup itu sangat dibutuhkan untuk tubuh, apalagi untuk kamu yang melakukan aktivitas di luar ruangan atau memerlukan otak yang selalu segar. Bila kurang tidur atau istirahat ini akan berdampak pada tubuh serta fokus kamu yang akan menurun, tentunya ini akan membuat kamu tidak dapat maksimal dalam mengerjakan pekerjaan. Belum lagi untuk kamu yang bekerja pada shift malam, dimana waktu tidur kamu tentunya akan terpakai.

Maka dari itu kamu mempunyai hutang tidur, yang dimana hutang itu harus kamu bayar. Agar tubuh kamu tidak lesu, lemah yang berakibat pada kekebalan tubuh yang menurun bisa membuat kamu jatuh sakit. Sebisa mungkin bila ada waktu untuk tidur, gunakan waktu tersebut untuk tidur. Lalu sesudah bekerja shift malam, kamu dapat beristirahat dengan membayar hutang tidur  sebanyak 7 sampai 9 jam.

2.Mengatur Pola Makan Sehat

Mengatur Pola Makan Sehat

Makanan juga menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan, karena makan menjadi bahan bakar untuk memulai segala aktivitas yang akan kamu lakukan. Sebaiknya kamu jangan terlalu makan sampai perut kamu benar – benar kekenyangan, karena nantinya akan menjadi mudah mengantuk. Makanlah secukupnya dan perbanyak mengemil agar kamu tidak mudah mengantuk.

Lalu memilih makanna pun menjadi hal yang harus diperhatikan, dengan memilih makanan yang mudah untuk dicerna, yaitu nasi, pasta, salad, roti, buah – buahan, serta sayur – sayuran. Sebaiknya  hindari makanan yang tidak sehat bahkan makanan yang sulit untuk dicerna, seperti makanan pedas, gorengan, dan makanan cepat saji.

3.Tidur Siang

Tidur Siang

Bila kamu kedapatan shift malam, dimana saat bekerja nanti kamu harus berada pada posisi yang fit dan semangat agat dapat bekerja dengan maksimal. Maka usahakan sebelum kamu bekerja nanti malam, untuk melakukan tidur siang terlebih dahulu. Ini dapat mengatasi tubuh yang kelelahan ketika sedang bekerja pada shift malam.

Kamu dapat tidur dengan waktu 45 menit, karena dengan waktu yang segitu pun dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih segar. Memang sudah idealnya untuk tidur siang itu waktunya 45 menit sajar, agar manfaat yang didapatkan itu lebih maksimal. Juga menghindari rasa pusing ketika bangun tidur.

Itulah beberapa tips kesehatan untuk pekerja shift malam.