DAFTAR PRINSIP MANAJEMEN AGAR BISA MERAIH KEBERHASILAN MANAJEMEN

0 Comments
PRINSIP MANAJEMEN

Manajemen memang sudah terbukti ternyata memiliki peranan yang penting dalam keberlangsung sebuah organisasi atau pun perusahaan. Karena dengan adanya manajemen bisa membuat perusahaan atau organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik dan juga terarah, untuk  dapat mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Tetapi tidak hanya berhenti itu disitu terdapat beberapa prinsip manajemen yang memang harus diterapkan untuk dapat meraih keberhasilan manajemen yang sesungguhnya. Dengan menerapkan prinsip ini akan membuat manajemen sendiri semakin terarah dan memiliki landasan untuk berjalan. Karena manajemen sendiri sudah hadir dari akhri abad ke 19, dimana manajemen sendiri sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Memang hal seperti ini tidak benar – benar kita sadari secara sepenuhnya,  bahwa ternyata manajemen itu memiliki hubungan terhadap kehidupan sehari – hari yang kita jalani. Prinsip manajemen sendiri ini sudah lahir pada tahun 1841 sampai dengan 1925, yang ditemukan oleh ilmuwan yang bernama Henri Fayol. Beliau sudah memasukan fondasi ini ke dalam manajeemn ilmiah modern. Konsep – konsep yang digunakan oleh ilmuwan tersebut disebut dengan prinsip manajemen, melalui penjelajahan dan juga pencarian hingga akhrinya dia bisa mendapatkan prinsip – prinsip manajemen yang kita kenal sekarang ini. Memiliki fungsi untuk pedoman dalam mengambil sebuah keputusan serta tindakan manajemen. Berikut beberapa prinsip manajemen yang sudah memakan tahun ke tahun dalam melakukan riset.

1.Pembagian Kerja (Division of Work)

Pembagian Kerja (Division of Work)

Ketika seseorang melakukan  sebuah pekerjaan, alangkah lebih baiknya dia berada pada posisi yang memang dia kuasai. Bila dia ditempatkan dalam sebuah pekerjaan yang tidak dikuasai, hanya akan membuat pekerjaan tersebut menghasilkan pekerjaan yang lebih lamban. Karena tidak dijatuhkan kepada orang yang tepat. Terdapat sebuah prinsip yang menyebutkan bahwa ‘The right man in the right place’, pastinya ada sebagian dari kamu yang tidak asing dengan prinsip tersebut.

Bila menerapakan prinsip tersebut, maka akan meningkatkan efisiensi tenaga kerja yang akan berpengaruh terhadap peningkatan dari produktivitas. Tidak hanya itu tetapi juga spesialisai tenaga kerja juga akan berpengaruh terhadap peningkatan dari akurasi serta kecepatan yang mereka lakukan. Maka dari itu porfesi serta pengembangan diri itu membutuhkan dukungan satu dengan yang lainnya.

2.Otoritas dan Tanggung Jawab (Authority and responsibility)

Otoritas dan Tanggung Jawab (Authority and responsibility)

Seorang manajer memang mempunyai hak dan juga wewenangnya dalam memberikan perintah kepada bawahan atau karyawannya dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Hanya saja untuk melakukan hal tersebut perlu membutuhkan otoritas serta tanggung jawab, sebab kita tidak mengetahui dengan pasti bahwa pekerjaan yang diberikan kepada bawahan tersebut akan diselesaikan dengan baik atau tidak. Tidak hanya itu apakah memang benar – benar akan terselesaikan atau tidak.

Maka dari itu kuasa dari manajemen dalam memberikan perintah itu didukung dengan tanggung jawab, apakah kinerja yang dilakukan itu bisa sesuai dan maksimal. Sehingga perjanjian atas otoritas yang diberikan tersebut perlu dibuat, maka dari itu otoritas serta tanggung jawab haruslah beriringan.

3.Disiplin

Disiplin

Memang prinsip yang satu ini haruslah diterapkan ke dalam semua individu, karena memang disiplin merupakan sifat yang akan menghasilkan dan menuntun ke arah yang lebih baik. Maka dari itu disiplin mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjalankan sebuah misi dan visi. Karena merupakan perilaku yang baik serta interaksi yang saling menghormati.

Bila sebuah organisasi tersebut dapat berjalan dengan lancar dan tersusun, maka mereka itu menerapkan prinsip manajemen yang satu ini degan baik. Jadi jangan menganggap remeh prinsip manajemen yang satu ini, meskipun memang kita sudah sering  menemui kata disiplin dimana saja.

Itulah beberapa daftar dari prinsip manajemen agar bisa meraih keberhasilan manajemen.