MEMAHAMI PENGERTIAN PROSES BISNIS, TIPE, DAN KARAKTERISTIK YANG DIMILIKINYA

Menjadi seorang pembisnis tidak hanya sekedar menjalankan bisnis saja, tetapi juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dari proses bisnis dan juga tipe serta karakteristik apa yang sebetulnya dimiliki oleh proses bisnis. Tujuan untuk mengetahui apa pengertian, tipe serta karakteristik yang dimiliki oleh proses bisnis itu adalah agar kamu dapat menjalani bisnis dengan tepat dan juga memiliki pengetahuan yang dapat membawa kamu menjalani bisnis yang benar. Bila memiliki pengetahuan tentang apa itu sebenarnya proses bisnis yang akan kamu jalani, akan membuat kamu lebih terarah dalam menjalaninya. Sebab bisnis itu membutuhkan sesuatu yang lebih terarah dan mempunyai tujuan yang matang.

Apa itu proses bisnis? Proses bisnis merupakan kegiatan yang sudah tersusun dimana pekerjaan tersebut saling berhubungan agar dapat mengatasai suatu masalah tertentu serta dapat menghasilkan suatu produk atau jasa. Tetapi proses bisnis itu juga terbagi dalam beberapa subproses, dimana di dalam subproses tersebut mempunyai masing – masing perlengkapannya tersendiri. Meskipun begitu perlengkapan tersebut dapat memberikan pengaruh agar dapat meraih tujuan dari superprosesnya. Selain pengertian dari proses bisnis, terdapat tipe dan juga karakter yang dimiliki oleh proses bisnis. Tentunya mereka tidak kalah penting untuk diketahui, agar kamu mempunyai wawasan yang lebih lagi. Berikut karakteristik dari proses bisnis :

1.Definitif

Di dalam sebuah proses bisnis yang berjalan itu harus membutuhkan yang namanya batasan, masukan, juga pengeluaran yang jelas. Karena seperti yang sudah dibahas bahwa untuk memulai sebuah bisnis tersebut harus mempunyai rencana yang matang dan jelas, sehingga di dalam proses bisnis yang dijalani itu harus jelas dari mulai pemasukan hingga pengeluaran. Selain itu harus mempunyai batasan dalam proses bisnis tersebut.

2.Urutan

Proses bisnis itu tentunya terdapat kegiatan yang dijalani, kegiatan tersebut mempunyai tahapan yang menyesuikan dengan waktu serta ruang. Untuk menjalani proses bisnis yang tepat agar meraih tujuan  tersebut, tentunya terdapat urutan yang harus dilalui. Tentunya urutan tersebut dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan waktu juga ruang yang ada.

3.Pelanggan

Proses bisnis yang berjalan itu harus mempunyai penerimaan hasil proses. Karena proses bisnis yang sedang kamu jalani itu tentunya menginginkan sebuah hasil setelah proses bisnis yang sudah kamu jalani. Sehingga proses bisnis tersebut tidak menjadi sia – sia dan mendapatkan hal yang baik, membuat kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani proses bisnis tersebut.

4.Keterkaitan

Karena proses bisnis itu tidak bisa berjalan sendiri, maka ini harus mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya di dalam struktur suatu organisasi. Untuk dapat menjalankan proses bisnis agar mendapatkan tujuan yang sudah direncanakan, tentunya harus memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Lalu terdapat tipe proses bisnis yang harus kamu ketahui untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam. Tipe proses bisnis terdapat, proses manajemen adalah suatu proses yang dapat mengatur operasional di dalam sistem, lalu juga ada proses operasional adalah proses yang memiliki bisnis inti juga terkait dengan aliran nilai utama. Contohnya seperti proses dalam pembelian, pengiklanan serta pemasaran. Dan yang terakhir proses pendukung dimana proses tersebut memberikan dukungan kepada proses inti, contohnya itu seperti akunting, pusan bantuan, rekrutmen dan masih banyak lagi.

Itulah pengertian dari proses bisnis, tipe, dan juga karakteristik yang dimiliki oleh proses bisnis.

Related Post