Kenali Marketing Mix Untuk Tingkatkan Kemampuan Bisnismu!

0 Comments

Untuk para pebisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Marketing Mix. Marketing mix adalah teknik yang digunakan untuk melakukan pemasaran. Dulu hanya ada 4 Teknik, tapi saat ini sudah ada 7 teknik yang harus dipahami untuk bisa semakin mengembangkan kemampuan pemasaranmu.

Sebenarnya cukup mudah untuk bisa memahami poin dari teknik Marketing Mix 7P, tapi kalau tidak bisa menerapkannya, tentunya itu  menjadi hal yang tidak berguna. Jadi dengan artikel ini kami akan membantu Anda dalam memahami pengertian marketing mix sampai bagaimana cara mengaplikasikannya.

Marketing Mix

1.Manfaatnya

Setelah memahami pengertian marketing mix, selanjutnya kita harus memahami sebenarnya apa manfaat dari marketing mix. Tentu banyak hal yang bisa kita dapatkan dari marketing Mix, seolah satunya adalah untuk bisa meningkatkan target pemasaran sesuai dengan yang diinginkan.

Target dari perusahaan pasti sama, yaitu mencari keuntungan dalam bisnis. Tentunya ini juga berlaku dari segi jasa atau barang, perusahaan haru bisa memberikan kepuasan untuk para konsumen. Sekarang banyak perusahaan yang mencoba memberikan kepuasan untuk pelanggan mereka. Kalau perusahaan tidak peka pada kebutuhan konsumen, tentunya mereka bisa kehilangan banyak kesempatan.

Jadi memiliki wawasan tentang marketing mix adalah hal yang wajib dipahami. Karena tujuannya untuk bisa memberikan informasi tentang kebutuhan pelanggan yang tentunya akan sangat berguna untuk perusahaan.

2. 7P Marketing Mix

Pada marketing Mix ada 7 konsep yang harus dipahami, yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses ( Process), dan Kemasan (Packaging). Berikut akan kami bahas secara singkat mengenai masing-masing pengertian poin-poin itu.

  • Produk

Apa yang perusahaan tawarkan pada pelanggan merupakan produk. Produk dari perusahaan haruslah memiliki kualitas juga hal yang membedakannya dengan perusahaan lain.

  • Harga

Kalau pembeli potensial merasa kalau apa yang mereka keluarkan sebanding dengan yang mereka dapatkan, maka mereka akan kembali memesan barang atau jasa di perusahaan. Jadi perhatikan beberapa faktor sebelum menentukan harga produk.

  • Tempat

Tentunya sebelum memulai bisnis kita harus menentukan di mana kita mau memulai bisnis tersebut. Untuk menentukannya, cobalah pikirkan kira-kira di mana pelanggan yang akan mungkin membeli produk Anda berada. Selain itu apakah tempat tersebut mudah untuk diakses. Kalau bisa cari keunggulan dari tempat yang akan Anda pilih.

  • Promosi

Dalam hal ini, yang dimaksudkan adalah untuk mengajak orang-orang membeli produk atau jasa untuk dihasilkan perusahaan. Beberapa elemen yang biasanya terlibat dalam promosi adalah sales, PR, Periklanan, dan banyak lainnya.

  • Orang/ SDM

Tidak bisa lagi dipungkiri kalau faktor SDM sangatlah memiliki peran yang penting baik untuk kemajuan atau kemunduran dari sebuah perusahaan. Maka carilah pekerja terbaik yang Anda rasa layak dan bisa membantu perusahaan untuk menjadi lebih berkembang lagi.

Karyawan merupakan aset yang harus dijaga, sebabnya penting untuk bisa mendapatkan loyalitas dan performa terbaik dari para karyawan.

  • Proses

Di sini Yan dimaksudkan adalah proses dalam pelaksanaan kejadian yang nantinya bisa mengubah masukan menjadi pengeluaran. Apa yang perlu diperhatikan dalam proses ini? Banyak, tetapi yang paling utama adalah buat SOP yang jelas tentang sistem kerja pada perusahaan Anda agar nantinya bisa dengan mudah dikomunikasikan.

  • Kemasan

Terakhir yang akan kami bahas adalah kemasan yang akan menjadi First impression oleh pelanggan. Jadi sebisa mungkin kemasan dari produk yang Anda produksi harus menarik di mata mereka dan menampilkan pesan dari perusahaan dengan baik.

Nah, itulah pengertian marketing mix yang akan membantu bisnis Anda menjadi lebih maju lagi kedepannya.