MENILIK CARA – CARA UNTUK MEMBANGUN SISTEM MANAJEMEN SDM YANG MEMILIKI BASIS KOMPETENSI

0 Comments

Mempunyai perusahaan yang bisa sukses dan juga maju pastinya menjadi cita – cita dan impian para pemiliki perusahaan atau pendiri perusahaan. Tetapi untuk mencapai semua itu ada banyak rintangan dan juga persiapan yang harus dipersiapkan dengan matang. Meraih hal tersebut tidaklah mudah semudah mulut mengucapkannya, tetapi tidak ada yang tidak untuk meraih dan mendapatkan mimpi tersebut. Tentunya kerja keras dan juga disiplin yang harus diterapkan dalam melaksanakannya, tidak hanya itu orang – orang yang berkerja di dalamnya pun tentulah harus kompeten. Agar bisa memberikan kemajuan juga kepada  perusahaan tersebut, karena para karyawa juga menjadi investasi yang sangat penting untuk kemajuan dari perusahaan.

Perusahaan tidak akan berkembang dan berjalan bila tidak adanya karyawan yang berkerja di dalamnya. Maka dari itu dalam mencari karyawan atau SDM yang akan berkerja di perusahaan kamu  haruslah kompeten, karena mereka akan mempunyai dampak yang besar untuk perusahaan. Selain yang kompeten tentunya yang memenuhi persyaratan dan kriteria yang perusahaan kamu butuhkan, agar bisa senada dengan visi yang akan kamu jalankan. Apalagi perusahaan baru dirintis, dimana membutuhkan orang – orang yang dapat berkompetensi dengan baik. Karena orang yang dapat berkompetensi itu dapat memadukan keterampilan juga pengetahuan yang dimilikinya. Bagaimana caranya untuk mendapatkan manajemen sdm yang berbasis kompentensi? Simak ulasan berikut ini.

1.Pengidentifikasian Posisi

Untuk bisa mendapatkan manajemen dengan berbasis kompetensi seperti itu, tentunya kamu harus dapat mengenali keahlian apa sebetulnya yang dia miliki. Apakah dapat menunjang sebagai manajemen sdm yang berkompetensi, bisa menjalankan tugas – tugasnya serta bertanggung jawab dengan segala tugas yang dimilikinya. Sehingga pengidentifikasian menjadi hal penting atau faktor utama yang harus kamu perhatikan.

Karena bila ini sudah mendapatkan perhatian yang baik, juga ketika sedang diidentifikasi bisa sesuai dengan apa yang manajemen SDM kompetensi yang dicari baru bisa  melangkah ke cara yang selanjutnya. Karena struktur organisasi itu mempunyai dampak pada efesiensi juga efektivitas untuk menciptakan karya atau produk dari perusahaan kamu, sehinggananti hasilnya akan berpengaruh pada nilai perusahaan.

2.Analisa Kegiatan dan Pekerjaan

Menganalisa pekerjaan itu bisa menjadi faktor yang penting apakah orang tersebut patut untuk dipertimbangkan. Dengan mengumpulkan sejumlah data dengan sistematis serta data atau informmasi yang sudah terkumpul tersebut dapat dipertimbangkan atau tidak dengan pekerjaan yang memang memiliki sangkut pautnya. Setelah itu ketika sudah mendapatkan hasil dari menganalisa pekerjaan, itu dapat menjadi masukan untuk kegiatan dari SDM.

Tujuan sebenarnya dari analisa pekerjaan itu untuk memberikan ruang pada pemahaman yang lebih berfokus pada isi juga persyaratan atau kriteria pekerjaan untuk manajemen itu sendiri. Jadi menganalisa pekerjaan ini tentunya membutuhkan fokus dan juga data yang lengkap agar dapat diolah sehingga dapat menghasilkan informasi yang jelas juga tepat.

3.Pengenalan & Penelusuran Secara Detail

Karena manajemen SDM ini memiliki basis kompetensi dimana membutuhkan keterampilan dan juga pengetahuan yang disatukan dan dijalankan secara bersamaan. Maka membutuhkan pengenalan agar dapat mengetahui secara rinci apa yang sebetulnya akan diraih dan akan dijalani. Pengenalan menjadi langkah pertama untuk dapat melangkah ke langkah – langkah selanjut yang lebih dalam.

Selain itu penelusuran pun harus dapat dilakukan tentunya dengan cara yang detail. Untuk mendapatkan data – data yang dapat menghasilkan infomarsi secara sistematis.

Itulah beberapa cara untuk membangun manajemen SDM berbasis kompetensi.