APA ITU MANAJEMEN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK YANG AMPUH

0 Comments

Menjadi tahun pertama untuk kamu masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu kuliah? Dimana kamu sudah bukan lagi menjadi pelajar, tetapi sudah menjadi seorang mahasiswa. Terdapat berbagai macam jurusan yang bisa kamu pilih, tentunya menyesuaikan dengan keinginan dan juga keahlian kamu. Salah satu jurusan yang dapat kamu pilih adalah jurusan manajemen, tentunya manajemen ini juga mempunyai cabang – cabangnya yang lain. Dan salah satunya adalah manajemen pemasaran, sudah tidak terlalu asing bukan bila mendengar manajemen pemasaran. Untuk kamu yang sudah biasa mendengar manajemen pemasaran, tetapi belum tahu betul apasih sebetulnya pengertian dari manajemen pemasaran itu sendiri.

Manajemen pemasaran merupakan penganalisaan, perencaan, pelaksanaan, serta pengawasan pada program – program dengan tujuan memicu pertukaran dengan konsumen yang bermaksud untuk meraih tujuan dari perusahaan. Karena dalam sebuah perusahaan atau organisasi, manajemen pemasaran itu sangatlah dibutuhkan. Bagaimana tidak mereka mempunyai peranan penting dalam keberlangsungan dari bisnis tersebut, bila tidak terjadi sebuah pemasaran maka apa yang dijual kepada pasar tidak akan tersampaikan dengan baik. Dalam melakukan pemasaran tentunya harus merencakan strategi terlebih dahulu, agar dapat berjalan dengan terarah dan apa yang akan diraih bisa lebih jelas lagi. Untuk kamu yang penasaran dengan strategi pemasaran seperti apa yang ampuh untuk digunakan dalam memasarkan produk, simak ulasannya berikut ini.

1.Mengenali Pelanggan

Mengenali Pelanggan

Karena produk yang akan kamu jual ini akan dibeli oleh para pelanggan, maka dari itu penting untuk kamu dapat mengenali pelanggan. Tapi bagaimana caranya kamu dapat mengenali pelanggan satu – satu di pasar yang  begitu luas, caranya adalah dengan melakukan pengamatan atau survey. Ini menjadi cara yang efektiv untuk kamu lakukan dalam mengenali pelanggan tersebut. Ketika bisa melakukan survey pelanggan maka untuk menyusun strategi itu akan lebih mudah.

Penyusunan dari strategi pemasaran yang efektif serta efisien akan bisa kamu dapatkan, keunggualan yang bisa kamu dapatkan disini adalah meminimalisir pembengkakan dari segi biaya serta waktu yang sudah terbuang tresebut. Saat akan membuka sebuah bisnis atau perusahaan, penekanan pengeluaran harus dilakukan sebaik mungkin agar tidak terjadi pemborosan atau kerugian yang sia – sia.

2.Melakukan Promosi

Melakukan Promosi

Sesudah kamu melakukan survey terhadap pelanggan, maka kamu sudah bisa membuat sebuah strategi yang lebih efektif. Sehingga langkah yang selanjutkan kamu lakukan adalah dengan melakukan promosi. Pastinya di luar sana sudah banyak sekali orang – orang yang melakukan sebuah promosi dan barang atau sesuai yang kamu perjualkan di pasar  sana pasti akan ada yang sama dan serupa. Maka dari itu bagaimana caranya agar kamu tidak sama saja dengan mereka yang mempunyai produk serupa dengan kamu.

Lakukanlah promosi dengan cara yang kreatif, lakukan promosi tersebut dengan konsisten. Jangan sampai kamu berhenti di tengah jalan saat sedanng melakukan promosi, nantinya orang yang melihat sepertinya bisnis yang kamu jalani tersebut tidak benar.

3.Menentukan Lokasi yang Strategis

Menentukan Lokasi yang Strategis

Ketika kamu akan berjualan atau membuka sebuah usaha, pastikan tempat yang sudah kamu pilih tersebut yang strategis. Mengapa ini harus dilakukan? karena para pelanggan yang akan membeli barang kamu tidak akan kesusahan ketika sedang mencari tempatnya, selain itu juga carilah tempat yang memang banyak orang lalui. Karena ini juga secara tidak langsung akan membuat  banyak orang melihat bisnis apa yang sedang kamu jalani.

Membuat orang penasaran dan secara tidak langsung bisa membuat orang datang dan melihat apa yang sedang kamu jual. Jadi ketika sedang akan membuka sebuah usaha, carilah terlebih dahulu lokasi yang memang strategis.

Itulah pengertian manajemen pemasaran dan strategi pemasaran yang ampuh.