Penjelasan Manajemen Keuangan Dan Akutansi

0 Comments

Didalam suatu perusahaan tentunya ada bagian keuangan yang mengurus kebutuhan kantor bahkan karyawannya. Keuangan yang bersifat sangat riskan ini dapat dikelola baik maka bisa menentukan hasil baik bagi perusahaan. Namun jika dikelola oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka akan menimbulkan efek yang merugikan.

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah perencanaan, pengelolahan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh perusahaan. Untuk mengelolah keuangan harus direncanakan dengan baik dan diolah oleh orang yang bertanggung jawab.

Tujuan Adanya Manajemen Keuangan

Untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan, manajemen keuangan juga perlu memiliki tujuan yang jelas, diantaranya :

1. Menjaga Arus Kas

Dalam mengelolah keuangan, biasanya uang kas dikeluarkan untuk membeli bahan pokok, penggajian karyawan, dan pengeluaran lainnya. Maka dari itu agar tidak terjadi pengeluaran yang membengkak, keluar masuknya uang kas harus tetap di pantau.

2. Memaksimalkan Keuangan Perusahaan

Tidak cukup mengawasi keuangan saja, melainkan ada aktivitas anggaran dana yang bisa terlihat menguntungkan terus dijalankan dan bagi yang tidak menguntungkan, akan digantikan ke dalam aktivitas yang lebih menguntungkan.

3. Memaksimalkan Keuntungan

Dengan adanya perencanaan keuangan, maka dapat memaksimalkan laba bersih yang bisa didapat dalam jangka waktu yang panjang.

4. Mengurangi Resiko Operasional

Apabila manajer keuangan dapat diolah dengan orang yang tepat, maka keuangan dalam perusahaan juga bisa beresiko.

5. Mengurangi Biaya Modal

Bagi yang mengolah keuangan di dalam perusahaan harus membuat perencanaan modal yang benar, supaya tidak terjadi pembengkakan modal.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Mungkin ada yang mengira bahwa keuangan dan akutansi sama saja. Namun ada beberapa perbedaan yang bisa kamu ketahui. Simak ulasannya!

Akutansi manajemen ialah sistem akutansi yang memiliki tujuan untuk menyajikan laporan keuangan guna kepentingan didalam perusahaan diantaranya manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer produksi, dll.

Fungsi Dan Tujuan Akutansi Manajemen

Yaitu menyiapkan data-data yang penting berkaitan dengan data historis guna untuk melaksanakan perencanaan, pengarahan, pengorganisasian, pengendalian, serta penilaian kinerja.

Diantaranya banyak kebutuhan yang berkaitan dengan keuangan seperti dibawah ini.

1.Manajer produksi memerlukan data yang berkaitan dengan rincian biaya atau harga pokok produksi.

 2.Manajer keuangan memerlukan info yang berkaitan dengan pendanaan modal kerja, pengembalian investasi, rasio keuangan, dll.

3.Manajer pemasaran memerlukan info data yang berkaitan dengan ketetapan harga jual produk, beban komisi penjualan, penentuan sistem kredit dan tunai, marketing fee, dll.

Tips Mengelolah Manajemen Keuangan

Setelah kamu mengetahui fungsi dan tujuan manajemen keuangan dan akutansi, kami akan memberikan beberapa tips untuk mengolah keuangan yang sangat aman dan tepat, berikut ini :

1. Pisahkan Rekening Keuangan Perusahan Dan Pribadi

Sebagian orang banyak yang mencampurkan uang perusahaan dan uang pribadi. Mengapa harus dipisah? Karena supaya tidak terjadi penyalahgunaan terhadap keuangan perusahaan.

2. Buat Laporan Keuangan

Tujuan adanya buku atau data laporan keuangan yaitu untuk mengetahui keluar masuknya keuangan dan bisa memantau laba dan rugi dalam suatu usaha yang sedang dijalankan.

3. Membuat Catatan Proyeksi Arus Kas

Tips yang ke tiga ini sangat penting dan berfungsi untuk mencari tahu kerugian apa saja yang sedang dialami. Adapun tujuan yang khusus yaitu untuk menantau kapan uang harus keluar dan kapan waktunya menerima uang.

4. Lakukan Pengecekan Barang

Dengan cara mengecek stok barang secara berkala bisa memilimalisir penipuan atau manipulasi. Sudah banyak yang terjadi stok barang yang ada di data dengan stok yang ada di gudang tidak sesuai.

Nah itulah penjelasan manejemen keuangan dan akutasi yang perlu kamu ketahui. Sehingga kamu bisa memantau terjadinya penipuan dan bisa belajar menjadi manajemen keuangan yang baik.