HRD? Ngapain Aja?

0 Comments

Sepertinya banyak orang yang memiliki harapan kedepannya bisa memiliki pekerjaan yang mumpuni, di mana salah satu pekerjaan yang menjadi harapan banyak orang adalah untuk menjadi HRD karena gaji HRD cukup menggiurkan. Tapi sebelumnya, apa sih HRD?

Sebelumnya, kepanjangan HRD adalah Human Resource Development. Di mana diartikan sebagai manajemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia atau karyawan sendiri merupakan aset yang penting untuk perusahaan, sebabnya dibutuhkan divisi yang mengatur para karyawan.

Banyak tanggung jawab yang dimiliki oleh HRD, seperti misalnya mentraining pegawai baru, rekrutmen pegawai, seleksi, membuat SOP, general affair, dan masih banyak lainnya.

Kalau tugas HRD sepenting itu, apakah perusahaan membutuhkan kriteria tertentu dalam memilih HRD? Ya, jelas mereka memiliki kriteria untuk memilih HRD dalam perusahaan. Rata-rata perusahaan menerima HRD yang sudah merupakan lulusan S1 atau S2 pada jurusan psikologi, karena ada tes yang di mana membutuhkan kemampuan tersebut.

Tapi saat ini pun sudah ada beberapa perusahaan yang mulai menerima lulusan SMA, karena standar setiap perusahaan memang berbeda.

Tugas HRD yang Perlu Diketahui

HRD

Ada beberapa tugas HRD yang umum dan perlu diketahui sebelum kamu memilih untuk melamar pekerjaan menjadi HRD di suatu perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tugas pokok dari HRD beserta dengan penjelasannya.

1.Merekrut Karyawan Baru

HRD

Rekrutmen merupakan proses di mana perusahaan menerima karyawan yang dianggap potensial ketika ia wawancara atau tes kerja. Tujuannya adalah agar perusahaan benar-benar bisa mendapatkan kandidat yang terbaik untuk perusahaan mereka.

Sebelum memulai rekrutmen, perusahaan sudah mengkategorikan karyawan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, selain itu mereka juga melakukan prediksi terkait dengan kebutuhan. Tentunya ini merupakan proses yang sangat penting untuk perusahaan ke depannya.

HRD harus memahami beberapa hal yang bisa membuat mereka mendapatkan karyawan terbaik, bisa dengan mengikuti SOP HRD yang ada. Di mana itu memang bukan hal yang mudah, tapi sebagai HRD kita harus bisa memahaminya. Cara termudahnya adalah coba cari karyawan yang sesuai dengan visi dan misi dari perusahaan.

2. Orientasi

HRD

Setelah merekrut karyawan, mereka harus mulai beradaptasi dengan lingkungan pekerjaannya. Tetapi ini bukan hal yang mudah, karena tidak semua perusahaan menyediakan orientasi yang lengkap. Karena itu ada HRD yang bisa membantu karyawan baru tersebut untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan juga lingkungan kantor. Selain itu hal ini bisa sangat membantu karyawan tersebut untuk semakin berperan aktif di dalam perusahaan.

3. Menciptakan Kondisi Aman dan Kondusif

HRD

Tugas HRD yang lain adalah untuk membuat karyawan bisa merasa nyaman dan betah di lingkungan kerja mereka. Ini akan membantu karyawan dalam memotivasi diri mereka untuk bisa semakin berkontribusi di perusahaan. Sistem yang digunakan HRD harus bisa bermanfaat baik secara finansial atau non finansial untuk karyawan perusahaan.

4. Pengembangan dan Training Karyawan

HRD

Terakhir yang akan kami bahas tentang tugas HRD adalah pengembangan dan Training Karyawan, di mana ini adalah tugas pokok yang tidak bisa HRD anggap enteng. Ini akan membantu Karyawan dalam bisa lebih cepat untuk berperan aktif di perusahaan. Selain itu dengan melakukan pengembangan dan Training karyawan, bisa membantu karyawan mendapatkan keahlian baru dan meningkatkan keahlian yang sudah ada.

Nah, itulah sedikit ulasan perihal HRD, semoga bisa memberikan Anda wawasan juga lebih tahu perihal HRD yang mungkin selama ini masih belum Anda ketahui dengan jelas.