APA ITU HR ANALYTICS SERTA CARA – CARA UNTUK MENGOPTIMALISASI HR DATA ANALYTICS

0 Comments

Untuk menciptakan sebuah perusahaan yang bisa maju dan berkembang itu membutuhkan beberapa perhitungan dan persiapan yang matang. Karena namanya juga perusahaan bukan suatu hal yang keci untuk dapat didirika. Apalagi di zaman sekarang yang banyak orang berlomba – lomba yang dapat membuat perusahaan terbaik menurut versinya sendiri. Salah satu hal yang dapat mendukung perusahaan yang kamu dirikan untuk dapat berkembang menjadi yang lebih baik itu adalah para karyawan yang akan bekerja di perusahaan kamu. Sumber daya manusia menjadi hal yang harus diperhatikan untuk dipilih bekerja di perusahaan kamu. Hal yang harus dilakukan sebelum mendapatkan karyawan tersebut adalah dengan mempunyai HRD yang tepat.

Tugas yang dimiliki oleh HRD atau Human Resource Deparytement tentu berhubungan dengan sumber daya manusia, tetapi tidak hanya berkutat pada adminitrasi dan juga pengelolaan karyawan. Tetapi juga HRD mempunyai tugas yang harus menjadi perhatian dan fokusnya biasa disebut dengan HR Analaytics. Tapi sebelum itu apa pengertian dari HR Analytics itu, HR Analytics itu bisa dimaksudkan sebagai proses dalam pengumpulan serta menganalisa data yang berhubungan dengan HRD serta SDM yang bertujuan untuk memberikan peningkatan pada kinerja karyawan.

Data – data yang dibutuhkan dan digunakan ketika HR Analytics itu tentunya merupakan data yang valid. Dimana data tersebut memiliki peran untuk bisa memberikan perubahan serta perencaan yang lebih baik lagi untuk masa yang akan datang. Data yang digunakan tersebut harus valid juga terbaru, karena ini bisa menjadi hasil untuk membuat pendapat, penilaian dan masih banyak lagi.

Perusahaan tentunya mempunyai data – data penting mengenai karyawannya, hanya saja tidak semua perusahaan yang dapat memanfaatkan data itu dengan baik. Sehingga itu hanya menjadi data yang terbengkalai dan menumpuk tidak karuan. Maka dari itu HR Analytics ini dibutuhkan untuk melakukan analisis, dengan cara mengelompokkan juga mengolah data yang tepat. Sehingga setelah ini dilakukan bisa mudah untuk di klasifikasi serta dianalisis. Tentunya data yang sudah dianalisis tersebut mempunyai dampak yang baik untuk perusahaan, tetapi data tersebut harus dianaisis dengan tepat. Sehingga dapat menghasilkan data yang dapat dipertimbangkan untuk pengambilan keputusan serta strategi yang diperlukan untuk jangka panjang.

Bila data tidak di analisis dengan tepat, maka perushaan akan mengalami kesulitan untuk dapat melangkah lebih jauh lagi dalam mengembangkan sayapnya. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa perusahaan, khususnya perusahaan besar yang akan sangat membutuhkan HR Analytics ini. Selain itu terdapat cara untuk mengoptimalisasi HR Data Analyics, agar bisa menghasilkan kualitas data yang terbaik. Simak ulasan berikut ini.

1.Standarisasi Data

Standarisasi Data

Sebelum mengolah data tentunya harus ada standarisasi dari data tersebut, karena bila tidak adanya standarisasi yang diterapkan akan membuat HRD menjadi kelabakan rasanya. Apalagi perusahaan yang mempunyai banyak karyawan, maka dari itu data – data tersebtu disimpan serta dikelola, lalu disimpan  ke dalam sistem.

2.Menggunakan Informasi Terbaru

Menggunakan Informasi Terbaru

Karena data – data yang digunakan untuk HR Analytics itu harus aktual, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa HRD dapat menggunakan data pada periode sebelumnya. Hanya saja untuk batas dari data tersebut jangan sampai melewat lima tahu yang lalu, bahkan  lebih baik jika data tersebut masih berumur 3 tahun ke belakang.

3.Implementasi Software HRD

Implementasi Software HRD

Agar menghasilkan kualitas terbaik maka dari itu HRD harus menggunakan implementasi Software HRD. Sehingga data yang bisa disimpan serta dikelola itu akan lebih tersusun dengan baik. Sehingga untuk mendapatkan hasil, juga membuat keputusan itu lebih tepat dan efektif.

Itulah pengertian dari HR Analytics dan cara optimalisasi HR Analytics.